Fakta Seru

1

Bangsa Babilonia Kuno sangat serius ketika membuat bir. Jika ada yang membuat bir dan kualitasnya jelek, akan dihukum dengan cara ditenggelamkan ke bir tersebut.

2

Pekerja yang membangun Piramid di Mesir, dibayar dengan bir sebanyak 4 liter/hari. Mereka dibayar dengan bir tipe Kash. Inilah yg menjadi asal mula kata ‘Cash’

3

4000 tahun yang lalu di Babilonia, sebulan setelah pernikahan, ayah pengantin wanita akan memberikan menantu laki-lakinya dengan ‘mead’ sebanyak mungkin. Mead adalah bir madu. Dan karena kalendar mereka berdasarkan perhitungan bulan,maka periode tersebut disebut “honeymonth” atau sekarang terkenal dengan “honeymoon”.

4

Brewing bir adalah suatu proses sakral dan pada jaman dahulu hanya para wanita (karena dianggap keturunan dewi bir) yang menjadi profesional brewer.
Ninkasi : dewi bir Sumeria
Tenenit : dewi bir Mesir

5

Pada abad pertengahan bir sempat menjadi pengganti air karena kadar alkohol dalam bir membuat tidak terkontaminasi bakteri dan aman untuk dikonsumsi.

6

Orang lebih memilih alkohol karena hingga abad ke 19, air pada umumnya tidak bersih dan menjadi sumber infeksi.

7

Karena kandungan nutrisi di dalam bir, bir menjadi makanan pokok kaum miskin dan juga dikonsumsi pada acara-acara tertentu. Inilah yang menjadikan bir minuman paling populer di Akhir Abad Pertengahan.

8

Dari tahun 1300 - 170an, Universitas di amerika dan eropa mempunyai in-house breweries yang menyediakan bir bagi mahasiswanya. Universitas Harvard mempunyai brewhouse pada tahun 1674 5 aula untuk meminum bir.

9

Amerika mempunyai pabrik pembuatan bir pertama kali pada tahun 1642, di Hoboken, New Jersey.

10

Oktoberfest pertama kali diadakan di Munich pada 1810 dan menjadi acara tahunan sampai sekarang.

11

Orang-orang yang suka mengkoleksi botol bir disebut Labeorphilist. Orang-orang yang suka mengkoleksi alas botol bir disebut Tegestologist. Kamu seorang Cerevisaphile jika kamu adalah pecinta bir.

12

Dibutuhkan 36 miliar yeast untuk memfermentasikan 1 galon bir.

13

Cenocillicaphobia adalah ketakutan akan gelas bir yang kosong.

14

Cahaya bisa membuat kualitas bir menjadi buruk. Untuk melindunginya, bir biasanya dikemas dalam botol berwarna hijau atau coklat.

15

Cuaca yang lembab dapatmembuat bir menjadi hangat lebih cepat. Simpan bir secara benar untuk meminimalisir kontaminasi dari tutup botol.

16

Pertama kali bir dijual dalam bentuk botol pada tahun 1850. Dan tahun 1935, pertama kali bir dalam kaleng diproduksi.

17

Permukaan botol bir selalu bergerigi untuk memudahkan botol bergerak sewaktu pengisian dengan alat di pabrik.

18

Para ilmuwan mempelajari busa di botol bir untuk membantu mereka memahami erupsi gunung berapi. Busa dan karbon dioksida di bir serupa dengan magma di bawah gunung berapi. Guncangan karena gempa bumi atau erupsi bisa dibandingkan dengan tekanan pada botol ketika bir dituangkan.

19

Pemerintah Daerah Amsterdam membayar para pecandu alkohol bir untuk membersihkan jalan dengan 5 botol bir/hari plus 10 Euro (+- Rp 150.000) dan rokok.

20

Sedangkan di Belgia, Bir merupakan minuman nasional mereka.

21

Di setiap bar di Republik Czech, bartender akan terus mengisi gelas bir yang kosong sampai Anda memberi tanda selesai dengan menutup gelas dengan wadah gelas.

22

Mungkin karena itu juga, Republik Czech mengkonsumsi paling jumlah banyak bir di dunia, diikuti oleh Jerman, Austria dan Irlandia.

23

Di Republik Czech, bir lebih murah daripada Coke.

24

Di Jerman, terdapat bir dalam bentuk es loli. Kadar alkoholnya lebih sedikit dibandingkan dalam bir bentuk minuman.

25

Sedangkan di Jepang, bir dijual dalam mesin penjual minuman di pinggir jalan ataupun di stasiun kereta.

26

Barack Obama adalah president pertama A.S yang membuat birnya sendiri di White House dan dikenal dengan nama White House Honey Ale. Dia membayar dari kantongnya sendiri untuk peralatan dan bahan baku yang dibuat oleh para koki di White House.

27

Selain Obama, President Pertama Amerika Serikat, George Washington juga mempunyai brewhouse di dasar Gunung Vernon.

28

Andre si raksasa bisa meminum sebanyak 156 gelas (sekitar 73 liter) dalam 6 jam. Rekor ini tercatat di dalam Guiness Book of Record.