• The Mark of Success

    85 Tahun dan seterusnya

    PT Multi Bintang Indonesia Tbk terus menunjukkan
    kekuatan, kemampuan, dan komitmen teguh untuk menghasilkan
    bir dan minuman ringan kualitas terbaik kepada konsumen kami

KOMITE AUDIT

Komite Audit Perseroan ditunjuk dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris, beranggotakan seorang Komisaris Independen dan dua anggota independen eksternal.

Ketua: Sumantri Slamet
(Silakan merujuk ke profil Dewan Komisaris)

Anggota: Rodion Wikanto
Bp. Wikanto diangkat sebagai anggota Komite Audit pada 12 Mei 2014. Beliau saat ini juga menjabat Direktur Independen PT Berlian Laju Tanker Tbk, anggota Komite Audit PT Sierad Produce Tbk, PT Mandiri Tunas Finance, PT Tunas Ridean Tbk. dan PT Indo Kordsa Tbk. Bergabung dalam Organisasi Komisaris dan Direksi Indonesia serta Asosiasi Komite Audit Indonesia. Sebelumnya menjabat beberapa posisi senior, termasuk Direktur Pemasaran dan Direktur Utama  PT Bank Eksekutif Internasional, serta Direktur Manufaktur PT United Can Co.  Bp. Wikanto memperoleh gelar Master of Business Administration dari Institut Pengembangan Wiraswasta Indonesia, Jakarta dan Akademi Teknik Mesin Industri, Solo.

Anggota: Mawar Napitupulu
Ibu Napitupulu diangkat sebagai anggota Komite Audit pada 14 Juli 2014. Beliau saat ini juga menjabat Senior Managing Partner di Kantor Akuntan Publik Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan (RSM International)  dan anggota Komite Audit di PT Bank CIMB Niaga Tbk. Beliau aktif dalam Asosiasi Akuntan Publik Indonesia sebagai  Ketua Professional Honorary Committee sejak 2013 dan menjadi dosen Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Memperoleh gelar Master of Business Administration dari Katholieke Universiteit Leuven, Belgia dan Sarjana Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Independensi
Komite Audit diketuai oleh seorang Komisaris Independen dengan anggota independen yang berasal dari luar Perseroan, sesuai dengan Peraturan Bapepam No. IX.I.5 mengenai Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite Audit. Komite Audit menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional dan independen.

Tugas dan Tanggung Jawab
Komite Audit dibentuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris Perseroan.
Tugas Komite adalah membantu Dewan Komisaris dalam melaksanakan fungsi pengawasannya, termasuk di antaranya:

  • Mengkaji informasi keuangan yang akan disampaikan oleh Perseroan kepada publik dan/atau otoritas yang terkait.
  • Memastikan laporan keuangan yang disajikan menuruti standar dan peraturan akuntansi yang sesuai dengan kegiatan Perseroan. 
  • Menyampaikan pandangan terhadap potensi terjadinya benturan kepentingan dalam Perseroan.
  • Memastikan terpenuhinya kecukupan sistem pengendalian internal Perseroan.

Ringkasan Aktifitas Komite Audit
Sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawabnya, Komite Audit memberikan pandangan profesional dan independen kepada Dewan Komisaris atas laporan atau hal-hal lain yang disampaikan oleh Direksi kepada Dewan Komisaris. Hal tersebut dilaksanakan melalui rapat berkala bertempat di lingkungan kerja Perseroan. Komite Audit memusatkan perhatian pada program-program Perseroan untuk meningkatkan nilai tambah, dalam rangka pencegahan dan mitigasi risiko melalui produktivitas operasional.

Piagam Komite Audit

  • Audit Committee Charter 2014 - Bilingual (New) 0.3

    Unduh