Kinerja Multi Bintang 2016 Makin Gemilang Berkat Inovasi Minuman Bebas Alkohol dan Minuman Rendah Alkohol

06 Maret 2017

Jakarta, 6 Maret 2017 – Hari ini, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (Multi Bintang) mengumumkan laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2016.
 
Tahun 2016, Multi Bintang  melaporkan pemulihan pendapatan dan laba operasional yang sangat positif setelah mengalami kinerja yang lemah di tahun 2015 akibat dampak dari pemberlakuan pelarangan penjualan minuman beralkohol di minimarket.
 
“Dengan bangga, kami laporkan hasil kinerja keuangan yang sangat positif, hal tersebut didorong oleh pertumbuhan beberapa daerah wisata  dan juga di segmen bar dan restauran.  Kami juga sangat senang karena hasil gemilang ini dicapai di tahun yang sama kami merayakan 85 tahun Multi Bintang beroperasi di Indonesia,” kata Michael Chin, Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk.
 
Inovasi di kategori minuman bebas alkohol dan minuman rendah alkohol
Di tahun 2016, Multi Bintang meluncurkan beberapa produk minuman baru di pasar Indonesia yaitu:

  • Bintang Radler 0.0% dan Bintang Maxx 0.0%
  • Dua varian Green Sands yaitu Lime & Lychee dan Lime & Grape.
  • Fayrouz,   fine soda berbahan utama malt.
  • Strongbow, pemimpin dunia kategori apple cider. 

 
Sebagai hasilnya, pendapatan dari minuman bebas alkohol tumbuh 50% atau menyumbang sekitar 12% ke total pendapatan perusahaan di tahun 2016, dibandingkan dengan tahun 2015 yang menyumbang kurang dari 10% ke total pendapatan perusahaan.
 
Sejak diperkenalkan di tahun 2015, Multi Bintang terus mengembangkan Bintang Radler dengan kadar alkohol rendah (2%), untuk menarik perhatian konsumen, baik pria maupun wanita, untuk dapat menikmati bir di waktu dan situasi yang berbeda.

Inovasi yang diterapkan Multi Bintang sejak tahun 2014 pada kategori minuman rendah alkohol ini telah membuahkan pertumbuhan volume lebih dari  50% di tahun 2016.
 
Inovasi terhadap produktifitas dan efisiensi
Multi Bintang memadukan penerapan teknologi mutakhir dengan praktek-praktek organisasi terkini untuk mengurangi konsumsi air dan energi, meminimalisasi redudansi dan limbah, dan mendorong produktifitas, yang secara keseluruhan telah memberi dampak positif bagi indikator keberlanjutan Multi Bintang. Untuk program pengurangan konsumsi air, Multi Bintang meraih Best Water Management di Sustainable Business Awards 2016.
 
Tentang PT Multi Bintang Indonesia Tbk.
Multi Bintang tumbuh kuat menjadi perusahaan minuman Indonesia yang terkemuka dan bertanggung jawab dan dengan bangga menjadi bagian sejarah Indonesia selama lebih dari 85 tahun.
Multi Bintang identic dengan Bir Bintang, merek bir ikonik di Indonesia. Selain itu, Multi Bintang juga menawarkan portfolio merek bir dan minuman non alkohol. Multi Bintang memproduksi dan memasarkan Heineken (merek bir premium di dunia), Bintang Radler dengan kadar alkohol rendah, dan minuman non alkohol seperti Bintang Radler 0.0%, Bintang Zero 0.0%, Bintang Maxx, Green Sands dan Fayrouz di Indonesia. Baru-baru ini, Multi Bintang juga memasarkan Strongbow, merek Cider no 1 di dunia.
Selain produk, Multi Bintang juga bersinar melalui kinerja dan sumber daya manusianya. PT Multi Bintang Indonesia Tbk dianugerahi:

  • Indonesian Employer of Choice 2013 oleh SWA Magazine dan HayGroup
  • Posis #15 dalam Top 100 Indonesia Best Public Companies 2014 oleh SWA Magazine
  • Selama 4 tahun berturut-turut,  2013 – 2016, Iconic Bir Bintang Brand dianugerahi sebagai Top 50 Most Valuable Indonesian Brand oleh Brand Finance
  • Top 5 Indonesia Human Capital Award 2016 oleh Economic Review
  • Best Water Management di  Sustainability Business Awards 2016