• Multi Bintang

    melihat keberlanjutan sebagai integrasi
    dari strategi kami

    dengan operasional bisnis dan komersial.
    Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi melalui
    strategi keberlanjutan yang kami sebut dengan
    “Brewing a Better World”

Advokasi Konsumsi Bertanggung Jawab

Mengapa ini penting

Bir adalah produk alami yang dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia. Mengkonsumsi bir dalam jumlah bertanggung jawab adalah hal yang sah dan dapat menjadi bagian dari gaya hidup yang sehat. Sebagai pioneer dalam industri, Multi Bintang melihat hal ini serius dan secara konsisten mengadvokasi konsumsi yang bertanggung jawab dan menikmati secara moderat. Sebagian besar konsumen mengkonsumsi produk kami secara bertanggung jawab, namun masih ada sebagian kecil dari konsumen kami yang belum menikmati secara bertanggung jawab. Ada resiko kesehatan dan perilaku yang diasosiasikan dengan konsumsi alkohol secara berlebihan, baik dari waktu ke waktu ataupun dalam sekali kesempatan. Penyalahgunaan alkohol tidak hanya merusak individual sendiri dan juga orang-orang di sekitar bahkan ke industri kami, lingkungan dan reputasi brand kami.

Kami percaya dibutuhkan lebih dari hanya produsen yang beraksi. Dibutuhkan pendekatan terpadu dari berbagai pihak. Pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, consumer group, aparat kepolisian, legislator, peritel, hotel, pemilik bar dan restoran serta komunitas – semua mempunyai peran dalam mendorong konsumsi yang bertanggung jawab. Berada dalam dark market, berarti kami mempunyai batasan dalam beriklan di media massa, mendorong kami untuk kreatif dalam mendorong dan berdialog dengan konsumen dan berbagai pemangku kepentingan dalam topik konsumsi bertanggung jawab. Beroperasi di negara dengan populasi Muslim terbesar juga membuat kami lebih perhatian dan sensitive terhadap isu terkait alkohol dengan membangun inisiatif yang suportif dan relevan terhadap komunitas dan pemerintahan. Pada akhirnya, kami memastikan pesan konsumsi bertanggung jawab kami terkomunikasi dengan baik dari saat proses recruitment hingga aktifitas bisnis kami sehari-hari.

Prioritas kami

Kami telah mengidentifikasikan 3 area di mana kami dapat secara efektif mendorong perilaku bertanggung jawa terhadap alkohol dan mencegah penyalahgunaan alkohol:

  • Advokasi konsumsi bertanggung jawab lewat merek kami
    Merek Heineken® kami adalah produk premium internasional yang dikenal di seluruh dunia dan Bintang, merek lokal kami dikenali debagai merek yang mempunyai kualitas terpercaya dan iconic brand Indonesia. Melalui kekuatan dan jangkauan dari merek tersebut, kami mempunyai tujuan membawa pesan konsumsi bertanggung jawab secara konsisten dan menjadi aspirasi secara langsung bagi konsumen dan pemangku kepentingan.
  • Membangun kerja sama untuk mencegah penyalahgunaan alkohol
    Kami bekerja sama dengan pemerintah lokal, komunitas, mitra bisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendorong konsumsi bertanggung jawab dan mengurangi akibat dari penyalahgunaan alkohol termasuk konsumsi di bawah umur. Sejak 2013, Multi Bintang telah membangung kemitraan dengan peritel modern untuk memperkenalkan konsep penjualan alkohol secara bertanggung jawab dan implementasi pengecekan identitas ke karyawan toko. Kami terus melanjutkan kemitraan kami lebih luas dengan kelompok pemangku kepentingan yang lebih besar dan memastikan upaya kami dapat diukur.
  • Beraksi di level industri
    Multi Bintang adalah anggota dari Gabungan Industri Minuman Malt Indonesia (GIMMI), sebuah asosiasi untuk produsen bir di Indonesia. Bersama-sama dengan kelompok industri, kami berkomitmen  untuk beraksi di beberapa area utama yaitu: konsumsi di bawah umur, dukurngan peritel, kode praktek pemasaran, tidak minum dan menyetir, informasi bagi konsumen dan inovasi produk. Komitmen ini adalah dukungan kami atas Strategi Global untuk Mengurangi Penyalahgunaan Alkohol oleh World Health Organization (World Health Organization’s Global Strategy to Reduce the Harmful Use of Alcohol).

 

Komitmen 2020 kami
 

  • Membuat konsumsi bertanggung jawab menjadi aspirasi melalui Merek kami.
  • Membangun kerja sama yang dapat diukur di setiap pasar yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan alkohol.
  • Beraksi di level industry, secara mandiri ataupun berkolaborasi dengan anggota asosiasi industri terutama di a). Mengurangi konsumsi di bawah umur; b). Memperkuat dan memperluas kode pemasaran dalam membatasi paparan ke anak muda; c). Meningkakan penyedian informasi bagi konsumen dan inovasi produk bertanggung jawab; d). Mengurangi minum dan menyetir; dan e). Mendaftar dukungan peritel dalam mengurangi penyalahgunaan alkohol.